Jumat, 02 Oktober 2009

DI INDONESIA BANYAK


Saat sedang asyik bersantai dengan berjalan-jalan menyisir pantai Honolulu sambil menikmati keindahan panoramannya, ketiga sahabat beda negara yaitu; Australia, Jepang, dan Indonesia berbagi cerita dan pengalaman serta berbincang mengenai keanekaragaman budaya masing-masing, maklumlah, ketiga sahabat beda negara itu sama-sama mengambil konsentrasi bidang Intercultural Communication di Universitas Hawai.

Si jangkung Ausi, dengan rambut pirangnya, memulai untuk memuji-memuji negaranya, mulai dari letak geografisnya hingga keanekaragaman budayanya, serta binatang Kanguru yang tak henti-hentinya dipujanya, yang konon katanya hanya terdapat di benua Australia saja. Namun saat ingin mengakhiri ulasannya itu, orang Australia tersebut merogoh sebungkus rokok Marlboro dari dalam sakunya, menyalakannya, lalu dihisapnya dalam-dalam, asap rokok pun mengepul di udara. Tiba-tiba, si orang Australia itu pun langsung membuang sebatang rokok yang baru sekali dihisapnya itu. Mendapati suatu pemandangan yang tak lazim itu, si orang Jepang langsung bertanya.

“ Kenapa Rokoknya dibuang, mister?”
“ Oh, kalau di Australia,sih, banyak!”

Kini giliran orang Jepang yang akan mengutarakan negeri mataharinya yang terkenal tidak hanya keindahan sakuranya itu, tapi Jepang dikenal juga sebagai negara yang berhasil menjadi negara maju, bangkit dari keterpurukan akibat bencana Hiroshima dan Nagasaki menjadi raksasa ekonomi tanpa harus menanggalkan identitas budayanya. Namun, saat mereka melewati sebuah tong sampah, si orang Jepang tiba-tiba melepaskan sepatu NikE yang baru saja dibelinya, dan kemudian dibuangnya ke tong sampah. Kini giliran teman Indonesianya yang keheranan atas tingkah teman Jepangnya itu.

“ Lho, kenapa sepatunya dibuang?”
“ Oh, sepatu kayak gini di Jepang banyak!”

Si orang Indonesia hanya kebingungan, sebab Ia juga bingung harus mulai dari mana kalau menceritakan keadaan dan situasi negaranya. Ia hanya celingak-celinguk memandang kekiri dan kekanan. Tiba-tiba, Ia mendapati seorang Chinese yang kebetulan tengah menikmati tarian Hula-hula. Tanpa pikir panjang, orang Indonesia langsung mengangkat ORANG CHINA tersebut dan membuangnya ke laut. Spontan saja mengundang kekagetan dari orang Australia dan orang Jepang.

“ Lho, Mas, Kenapa orangnya dibuang?”.
“ Oh, kalau di Indonesia, mah, BUANYAK!!!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar